10 Cara Efektif Agar Tidak Mabuk Dalam Perjalanan



SAHABAT TIRANIDA,Mengalami mabuk perjalanan ketika melakukan perjalanan jauh adalah suatu hal yang sangat mengganggu. Karena itulah, Anda harus mengatasi hal tersebut agar perjalanan tetap terasa nyaman, bahkan Anda tidak perlu merasa khawatir ketika melakukan perjalanan jauh. Berikut 10 cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan.

1.Duduk di Bagian Depan

Jika Anda bepergian menggunakan mobil, usahakan agar Anda selalu duduk di kursi depan. Para peneliti menyatakan bahwa mabuk kendaraan terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan. Hal itulah yang akan menyebabkan mual dan pusing sebagai gejala dari mabuk kendaraan.
Untuk mengatasi hal tersebut, duduklah di kursi depan sehingga fokus mata berada di jalan yang Anda lihat di kursi depan. Kondisi itu akan membuat mata dan juga tubuh Anda menginterpretasikan informasi yang sama. Menyetir juga bisa menjadi cara menghilangkan mabuk perjalanan. Dengan menyetir, pikiran Anda akan terfokus untuk melihat jalanan yang ada di depan. Namun, jika Anda tidak bisa mengemudikan mobil, usahakan agar Anda duduk di samping kemudi sehingga fokus Anda akan berada di jalan depan
2.Fokuskan Pandangan
Jika kondisi tidak memungkinkan Anda untuk duduk di kursi depan, maka metode lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memfokuskan pandangan pada cakrawala. Lihatlah ke luar dinding jendela, perhatikan pohon, gunung, atau obyek yang ada di depan sehingga membantu mata, telinga bagian dalam, dan juga saraf tetap berada dalam kondisi terkendali. Usahakan agar pandangan Anda mengarah ke bagian depan. Hindari melihat obyek melalui jendela bagian samping karena akan mengganggu mata dan juga sistem saraf Anda.
3.Buat Sirkulasi Udara yang Baik
Beberapa faktor yang menyebabkan mabuk kendaraan di antaranya adalah kekurangan oksigen dan juga sensitif terhadap udara dingin AC mobil. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya Anda membuka sedikit kaca jendela mobil untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut akan membantu suplai oksigen yang cukup ke dalam kendaraan sehingga tubuh Anda juga tidak kekurangan oksigen. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh Anda.
4.Hindari Pandangan ke Bawah
Hindari terlalu sering melakukan aktivitas yang mengharuskan kepala untuk menunduk dan melakukan pandangan ke bawah. Pandangan ke bawah akan membuat rasa mual datang lebih cepat. Selain itu, kepala juga akan lebih cepat merasa pusing. Hindari beberapa hal yang dapat mendatangkan rasa mual, seperti bermain gadget, membaca, dan lain sebagainya.
Jika Anda ingin menghilangkan rasa bosan, Anda dapat mendengarkan musik atau melakukan permainan dengan penumpang yang lain. Hindari pula fokus obyek di dalam kendaraan. Usahakan agar fokus penglihatan Anda berada di luar kendaraan sehingga mabuk perjalanan dapat dicegah. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa melakukan aktivitas yang terlalu terfokus di dalam kendaraan seperti bermain gadget dan juga membaca dapat menyebabkan mabuk perjalanan.
5.Pilihlah Jalan yang Mulus
Semakin bergelombang atau tidak rata jalan yang Anda pilih ketika berkendara maka akan semakin besar kemungkinan bagi Anda untuk mengalami mabuk perjalanan. Pilihlah jalan yang rata dan juga jalan yang bebas hambatan agar terhindar dari mabuk perjalanan. Terlalu lama tersendat di area jalan yang macet akan membuat pikiran dan juga kondisi tubuh menjadi tidak nyaman sehingga kepala lebih mudah sakit serta perut lebih cepat merasa mual.
6.Hindari Aroma yang Terlalu Tajam
Ketika berada di dalam kendaraan, hindarilah mencium aroma yang terlalu tajam seperti parfum. Bila perlu, hindari membawa benda atau makanan dengan bau yang terlalu menyengat, seperti durian. Sesuatu yang beraroma tajam akan membuat kepala lebih rentan terhadap rasa sakit dan juga rasa mual lebih cepat datang
7.Hindari Asap Rokok
Jika Anda duduk bersama penumpang yang memiliki kebiasaan merokok maka ada baiknya Anda berganti tempat duduk. Asap rokok akan menyebabkan suplai oksigen ke dalam tubuh berkurang. Akibatnya, mabuk perjalanan akan lebih cepat hadir. Untuk menghindari asap rokok, Anda juga bisa membuka kaca jendela mobil agar terjadi sirkulasi udara yang lebih lancar.
8.Gunakan Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih bisa jadi adalah obat paling ringan namun efektif untuk cara menghilangkan mabuk perjalanan Anda. Oleskanlah minyak kayu putih di dada dan juga perut Anda untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh. Aroma minyak kayu putih juga berguna sebagai aromaterapi yang dapat mencegah mabuk perjalanan.
9.Permen Mint atau Permen Karet
Jangan lupa membawa permen mint dan juga permen karet ketika Anda ingin bepergian jauh. permen mint akan memberikan pengalihan pertama untuk mengendalikan mabuk perjalanan anda. Rasa mint dari permen akan memberikan rasa nyaman pada mulut sehingga keinginan untuk muntah dapat dicegah. Selain permen mint, anda juga bisa mengunyah permen karet untuk mencegah mabuk perjalanan. Mengunyah permen karet akan membantu produksi air liur lebih banyak sehingga dapat menetralkan asam lambung.
10.Muntahkan Jika Sudah Tak Tahan
Jika rasa mual sudah tidak tertahankan, Anda bisa berhenti sejenak, keluar dari kendaraan, kemudian muntahkan isi perut jika sudah terasa tidak tertahankan. Cara tersebut biasanya cukup efektif untuk menghentikan mabuk kendaraan. Bahkan kebanyakan kasus menunjukkan mabuk kendaraan akan segera reda ketika seseorang telah memuntahkan isi perutnya. Rasa lega biasanya justru akan dirasakan oleh penderita.

Itulah 10 cara efektif yang bisa diterapkan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Dapat disimpulkan bahwa mengatur posisi ketika berada di dalam kendaraan, memilih asupan makanan, dan juga menggunakan pengobatan medis (seperti dengan minum obat anti mabuk) merupakan tiga metode utama untuk cara menghilangkan mabuk perjalanan. Persiapkan kesehatan fisik Anda sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan yang baik dan nyaman digunakan untuk berkendara.

(Penulis;Alphazerro)

0 Response to "10 Cara Efektif Agar Tidak Mabuk Dalam Perjalanan"

Post a Comment